Saturday, April 9, 2016

Pengertian Proposisi



Pengertian Proposisi Beserta Contohnya- Proposisi adalah istilah yang digunakan untuk kalimatpernyataan yang memiliki arti penuh dan utuh. Ini berarti bahwa kalimat harus diyakini, meragukan, membantah, atau jika terbukti. Singkatnya, proposisi adalah pernyataan dari hal-hal yang dapat dinilai benar atau salah.

Dalam ilmu logika, proposisi yang memiliki tiga unsur, yaitu:
1.      Subjek, kasus ini terdiri dari orang-orang, benda, tempat, atau kasus.
2.      Predikat dinyatakan dalam materi pelajaran.
3.      Kata kerja penghubung adalah kata yang menghubungkan subjek dan predikat.
Banyak pemikir modern berpikir bahwa "pernyataan" dan "proposisi" adalah sinonim, atau setidaknya harus sama.
Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan bentuknya, proposisi diklasifikasikan ke dalam dua kategori: tunggal dan jamak. Proposisi tunggal hanya mengungkapkan hanya satu pernyataan di mana hanya didukung satu subjek dan predikat (kalimat tunggal). Sebagai contoh, kalimat "Setiap manusia akan mati", dalam kalimat hanya ada satu subjek, yaitu "manusia", menjadi judul "mati". Kemudian Proposisi Compound, proposisi ini terbentuk dari kombinasi dua atau lebih pernyataan tunggal kalimat proposisi didukung setidaknya dua pola kalimat. Misalnya, sebagai ungkapan "Setiap warga negara harus menyadari hak dan tanggung jawab mereka".

Sifat Pembenaran atau Pengingkaran
Berdasarkan sifat pembenaran dan penyangkalan, ada dua kategori proposisi: kategoris dan kondisional. Proposisi kategoris mengacu pembenaran atau penolakan mutlak; pasti benar atau pasti salah. Artinya, kebenaran kasus tersebut tanpa syarat. Contoh: Semua orang akan mati. Berikutnya adalah proposisi bersyarat, proposisi mengacu pada pembenaran atau penolakan secara bersyarat atau pilihan.

Kategori bersyarat proposisi itu sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu hipotesis dan disjungtif. Bersyarat Proposisi hipotesis adalah proposisi yang mengacu pada pembenaran bersyarat. Ini berarti bahwa jika proposisi terpenuhi, maka kebenaran kasus ini. Hal ini dapat dilihat dalam kalimat dijalankan jika hujan terjadi, tanah berlumpur, sehingga tanah akan basah saat hujan. Hipotesis seperti proposisi bersyarat, Proposisi Bersyarat disebut alternatif disjungtif. Hal ini didasarkan pada pembenaran bahwa bentuk opsi. Proposisi ini sering menggunakan kata atau, seperti dalam kalimat: Amir harus membantu orang tua mereka atau membersihkan halaman rumah.

4 Pengertian Proposisi Beserta Contohnya Lengkap
Luas Pengertian

Berdasarkan arti luas, proposisi dapat dibagi menjadi tiga kategori: universal, khususnya, dan tunggal. Proposisi Universal adalah proposisi yang mencakup semua aspek atau bagian. Hal ini ditandai dengan kata-kata: semua, semua, setiap, setiap kali, masing-masing. Misalnya, dalam kalimat yang di negeri ini ada atheis.

           Kemudian yang kedua adalah proposisi khusus, yang mengungkapkan bahwa mayoritas dari semua aspek. Mengatakan tugas menandai proposisi tertentu beberapa, beberapa, tapi tidak semua, banyak, banyak. Contoh: Tidak semua siswa rajin belajar. Kata "semua" dalam kalimat di atas adalah proposisi tertentu, yang hanya mencakup sebagian besar aspek saja.

           Dan yang terakhir adalah Proposisi Singular, proposisi ini mengungkapkan hanya satu aspek, antara penanda dan itu adalah kata ini. Misalnya penggunaannya dalam kalimat: Rumah akan dijual, kata rumah di sini menunjukkan hanya satu elemen. Jika ada dua unsur di dalamnya, maka kalimat tidak bisa disebut proposisi tunggal.

Kualitas dan Kuantitas

Berdasarkan kualitas kuantitas juga, proposisi dapat dibagi menjadi dua, yaitu proposisi A, I, E, dan O. Proposisi Definisi Proposisi Sebuah proposisi di sini adalah bahwa satu atau universal positif; proposisi mengungkapkan keseluruhan dan pembenaran, pengakuan, atau positif. Contoh kalimat dari tabel ini terbuat dari kayu jati ".

Seperti A, Proposisi E adalah proposisi yang bersifat universal atau tunggal negatif. Proposisi ini mengungkapkan penolakan secara keseluruhan, penolakan, atau negatif. Misalnya, sebagai ungkapan "Tabel ini tidak terbuat dari kayu jati," kata kalimat tersebut tidak dalam bentuk penolakan menunjukkan negatif.

Selain proposisi A juga E, berdasarkan kualitas dan kuantitas, proposisi ini juga dibagi menjadi Proposisi I dan O. tertentu Proposisi Proposisi proposisi saya aktif; mengekspos sebagian dari pengakuan secara keseluruhan, pembenaran, atau positif. Misalnya, dalam kalimat berikut "Beberapa siswa SMA belajar rajin Kebangsaan".

Proposisi O itu sendiri adalah proposisi tertentu negatif; mengekspos sebagian dari penolakan keseluruhan, penolakan, atau negatif. Contoh: "Beberapa sekolah tinggi Shiva Kebangsaan belejar tidak rajin.

Contoh Proposisi 

Kalimat Semua manusia fana. Semua kata-kata dalam kalimat disebut pembilang. Lalu kata orang itu warga sebagai subjek, makhluk itu adalah kata kerja penghubung. Berikut predikat diwakili oleh kata-kata yang fana. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/
SUMBER

http://www.sekolahanbaru.com/2015/12/4-kategori-pengertian-proposisi-beserta.html

1 comment:

  1. Casino | Dr.MD.com
    A premier entertainment destination, the Wynn Encore 제주도 출장안마 Resort is a premier Las Vegas destination. 울산광역 출장샵 It features luxurious accommodations, 광양 출장마사지 world-class restaurants,  안동 출장샵 Rating: 4 · ‎3 성남 출장마사지 reviews

    ReplyDelete