SUMBER DAYA KONSUMEN
Sumber Daya Konsumen adalah semua
pendapatan atau kekayaan yang dimiliki seorang konsumen yang bertujuan untuk
menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen). Sumber daya
konsumen terhadap pembelian terkait dengan pendapatan yang didapat setiap
konsumen. Tinggi atau rendahnya pendapatan konsumen, mempengaruhi pengeluaran
mereka terhadap suatu barang.
Konsumen memiliki 3 sumber daya
utama dalam proses pertukaran yang mereka gunakan dan melalui proses ini
pemasar memberikan barang dan jasa, yaitu:
- Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau
lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai
sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada
sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya
manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai
modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap
sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
- Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang
disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
- Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia
baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi. Contoh:
Dokter, Direktu
- Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan
perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa
menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
- Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat
oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu
kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku, mixer, dll
- Sumber Daya Temproral / sementara
- Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen
- Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang
- Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time goods)
Macam macam barang waktu :
- Barang yang menggunakan waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu
dalam mengkonsumsinya, contoh menonton tv
- Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu
memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh : Fast food
- Sumber Daya Kognitif
Merupakan kemampuan untuk
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logais dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas
mental yang tersedia untuk berbagai kegiatan pengolahan informasi.
PENGETAHUAN KONSUMEN
Pengetahuan konsumen adalah semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi
3, yaitu:
- Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam informasi
mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi katagori produk, merek, terminologi
produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
- Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
- Pengetahuan tentang manfaat produk
- Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
- Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk
yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang
mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
- Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
- Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
- Transaction
Konsumen akan membayar produk
tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
- Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat
kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar
produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi,
maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan
benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen
mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk
adalah penting bagi konsumen
SUMBER :
https://succkasuccki.wordpress.com/2015/01/05/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/
No comments:
Post a Comment